Kirim Cara

Semua Cara Ada Disini

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara menghilangkan ketombe dan gatal di kulit kepala dengan ramuan tradisonal yang sudah dikenal khasiatnya.

KirimCara.com - Ketombe merupakan masalah rambut yang sangat sering ditemui terutama oleh mereka yang malas membersihkan rambut dan kulit kepala. Makanya, baca dong kumpulan artikel cara merawat rambut di blog ini.

Penyebab munculnya ketombe bisa dibagi dua, yaitu penyebab internal dan eksternal. Penyebab internal bisa diakibatkan oleh pola makan yang salah, kurang nutrisi dan stres. Sementara penyebab eksternal seperti polusi yang mengakibatkan rambut menjadi kotor.

Sekarang ini banyak sekali beredar shampo yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan ketombe. Namun, kebanyakan shampo tersebut menyebabkan rambut menjadi kering. Itu sebabnya orang lebih mencari cara menghilangkan ketombe secara tradisional dan alami. Seperti beberapa tips berikut ini:

1. Rebusan Kangkung

Persiapkan seikat kangkung dan cuci hingga bersih. Pastikan kangkung dicuci dengan bersih ya, Ladies. Kemudian, rebus kangkung dengan dua gelas air. Angkat rebusan kangkung ketika air yang tersisa sekitar satu gelas atau setengah dari air awal merebus. Diamkan sebentar hingga dingin. Pisahkan air dan kangkung yang sudah direbus. Remas kangkung hingga lembut dan gosokkan pada kulit kepala Anda. Diamkan selama 30-40 menit.

Setelah itu, basahi rambut dengan air hasil rebusan kangkung. Pijat-pijat sebentar dan bilas hingga bersih.

2. Telur

Telur juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan rambut Anda dengan mengusir ketombe. Caranya, kocok dua butir telur hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada kulit kepala dan bersihkan setelah satu jam. Telur adalah salah satu bahan penting bagi perawatan rambut sejak zaman dahulu.

3. Minyak kelapa dan air jeruk nipis

Minyak kelapa dapat melembapkan kulit kepala kering, sedangkan air jeruk nipis bisa menghilangkan ketombe secara alami. Siapkan minyak kelapa asli dan tambahkan beberapa tetes air lemon. Oleskan pada kulit kepala dengan menggunakan ujung jari. Resep minyak rambut ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

4. Yogurt, minyak almond, dan air jeruk nipis

Yogurt merupakan bahan alami yang dapat menyembuhkan ketombe, sedangkan minyak almond berguna untuk melembapkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Air jeruk nipis dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan kering, yang dapat memicu munculnya ketombe. Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 1 jam dan bilas hingga bersih.

5. Bunga kembang sepatu

Bunga kembang sepatu adalah salah satu bahan minyak rambut yang cukup populer di Asia. Selain mengurangi kerontokan rambut, minyak ini dapat melawan ketombe. Rebus air dan tambahkan beberapa tangkai bunga kembang sepatu. Kemudian masukan beberapa tetes minyak kelapa atau jarak. Rebus selama beberapa menit dan biarkan hingga dingin. Oleskan minyak rambut ini pada akar rambut dan kulit kepala. Biarkan semalaman atau selama 3-4 jam untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Minyak wijen

Minyak wijen ternyata ampuh dalam mengurangi kerontokan, kulit kepala kering, dan ketombe. Cukup hangatkan minyak wijen dan kemudian oleskan pada kulit kepala. Anda juga dapat mencampurnya dengan perasan jeruk nipis. Diamkan selama beberapa jam dan bilas sampai bersih.

7. Ekstrak bawang merah

Ambil sari bawang merah dengan cara menghancurkannya, kemudian massagekan pada kepala. Tutup dengan handuk yang direndam air hangat dan biarkan 5-10 menit. Rasanya mungkin akan sedikit hangat bercampur pedih, karena reaksi dari si bawang merah. Kalau sudah, keramas seperti biasa agar menghilangkan aroma bawang merahnya yang pedas.

8. Baking Soda

Basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala. Bilas sampai bersih dan kering. Lakukan ini setiap kali Anda mencuci rambut, tetapi hanya gunakan baking soda tanpa shampo. Rambut akan terasa kering pada awalnya. Tetapi setelah beberapa minggu, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut terasa lembut dan bebas dari ketombe.

9. Garam

Taburkan garam merata ke seluruh kulit kepala dan pijat perlahan. Selain mempercepat pengelupasan kulit mati, garam bisa menyingkirkan bakteri dan jamur yang bersemayam di kulit kepala.

10. Cuka sari apel

Cuci rambut dengan shampo lalu bilas. Kemudian gunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak dan bilas. Anda juga dapat melawan ketombe dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.

Kumpulan tips diatas sudah teruji dapat menghilangkan ketombe sekaligus merawat kelembapan rambut sehingga tidak membuat rambut kering.
0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami"

 
Copyright © 2014 Kirim Cara - All Rights Reserved
Template By Catatan Info